Cara Legalisir SIM Indonesia di KBRI Malaysia agar tenang saat kena roadblock

Roadblock (atau dalam bahasa Indonesianya: Razia) kata itu sering menjadi momok bagi para student atau pekerja yang baru saja pindah ke Malaysia dan tidak memiliki SIM Internasional, dan berkendara di Malaysia.

Bagi para pengendara kendaraan bermotor di Malaysia dan kebetulan tidak memiliki SIM Internasional, saya akan berbagi cerita disini tentang tata cara legalisir SIM Indonesia di KBRI Malaysia.

Yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat ke KBRI:

  1. Paspor Asli
  2. SIM Asli (Buat para pengguna SIM tembak, tanggal kelahiran harus sama dengan paspor ya, kalau tidak sama, jangan buang buang waktu untuk legalisir, karena dokumen kalian pasti bakal ditolak oleh petugas)
  3. Uang sejumlah RM55

Begitu tiba di KBRI, pergilah ke tempat fotokopi gratis yang terletak di dalam gedung KBRI, berikan saja SIM dan Paspor, dan bilang ke petugas fotokopinya, bahwa tujuan anda ke KBRI untuk legalisir SIM Indonesia.

Maka petugas pun akan memberikan 3 lembar fotokopian berupa:

  1. Fotokopi halaman depan
  2. Fotokopi halaman visa
  3. Fotokopi SIM yang diperbesar ukuran lebay
Tuh kan lebay ukurannya

 

Setelah mendapatkan ketiga fotokopi tersebut, serahkan ketiga fotokopian tersebut ke loket konsuler di sebelah kanan gedung. Bilang aja kalau mau legalisir SIM. Setelah itu kita akan diberikan satu formulir untuk diisi, dan juga nomor antrian.

Formulir alamat & nama orang tua

 

Isilah formulir tersebut, dan setelah mengisi formulir, duduk manis dan tunggulah nomor antrian kita dipanggil.

Setelah dipanggil, serahkan semua fotokopian dan formulir yang telah kita isi ke petugas loket tersebut, dan setelah itu, petugas loket akan memberitahukan jadwal pengambilan surat legalisir tersebut.

Saya menyerahkan dokumen sekitar hampir pukul 1pm, dan disuruh mengambil surat legalisir pukul 4 sore. Sempet makan ketoprak dulu kalo gitu… Hahahaha

Pukul 4:30pm saya pun ke kounter konsuler lagi untuk pengambilan surat legalisir SIM Indonesia saya. Ada antrian pendek sekitar 4-5 orang, tapi cepet kok antriannya.

Dan akhirnya saya pun mendapatkan Surat Legalisir SIM saya. Kalau ada roadblock, tinggal tunjukkin aja nih surat, ga ada debat debatan lagi deh sama pak cik polis.


Seperti yang tertera di foto diatas, kita bisa langsung melakukan legalisir 2 SIM sekaligus didalam satu surat legalisir, saya hanya legalisir 1 SIM, karena salah satu SIM saya ada yang ketahuan curi umur hahaha.

Selamat berkendara dengan tenang, dan safe driving semuanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *