“Kesibukan” extra ketika kerja di luar negeri


Ketika kita memutuskan untuk kerja di Luar Negeri, tentunya kita dihadapkan dengan kesibukan yang tentunya berbeda dengan kesibukan kesibukan ketika kita bekerja di negeri kita sendiri.

Saya coba merangkum beberapa kesibukan tambahan, berdasarkan pengalaman pribadi saya selama bekerja di Malaysia.

1. Perpanjang paspor tiap 5 tahun sekali

Buat yang biasa travelling ke luar negeri, mungkin hal ini tidak menjadi kesibukan tambahan untuk mereka. Tapi bagi yang jarang travelling ke luar negeri, tentunya kesibukan tambahan ini juga salah satu yang akan menyita waktu anda selama bekerja, dikarenakan pengurusan perpanjangan paspor memakan waktu minimal 1 hari.

2. Pengurusan Visa Kerja 

Ketika kita melamar kerja, ataupun pindah tempat kerja, maka kita harus turut mengurus visa kerja di tempat kerja baru kita. Meskipun sebagian besar pengurusan dilakukan oleh agent perusahaan tempat kita bekerja, akan tetapi prosesnya sendiri akan memakan waktu kurang lebih 3 minggu.

3. Belajar adat dan bahasa setempat

Meskipun anda memutuskan untuk bekerja di negara yang memiliki bahasa yang “mirip”, contohnya Malaysia, bahasa dan kebudayaan lokal tetaplah ada yang berbeda dan unik dari bahasa dan kebudayaan kita di Indonesia. 

4. Effort untuk mencari makanan khas Indonesia

Hal ini juga merupakan salah satu dari sekian banyak hal yang perlu diadaptasi oleh kami kami yang bekerja di luar negeri. Tidak ada tukang nasi goreng keliling di malam hari, tidak ada gerobak pinggir jalan khas street food di Indonesia, sampai susahnya mencari pedagang martabak! (FYI, di Malaysia aja, untuk mencari penjual martabak yang rasanya mendekati rasa martabak di Indonesia, saya harus menempuh perjalanan kurang lebih 50KM!

5. Mencari teman bergaul baru

Mencari teman bergaul memang gampang gampang susah, banyak beberapa faktor yang mendasari. Bail itu dari sense of humor yang berbeda, dan juga sumber informasi yang berbeda juga dari setiap teman kita. 

6. Mengecek kurs tukar mata uang

Karena kita digaji menggunakan kurs mata uang setempat, maka kita harus terus update dengan kurs saat ini. Apalagi jika kita memiliki cicilan KPR di Indonesia, tentunya ini akan sangat berpengaruh kepada pendapatan anda per bulan.

7. Mengirim uang ke Indonesia

Hal ini juga merupakan salah satu kesibukan extra untuk para pekerja yang bekerja di Luar Negeri. Mengirimkan uang ke Indonesia untuk membayar cicilan rumah, atau sekedar untuk tabungan di hari tua, tentunya jadi kegiatan rutin yang harus dilakukan di setiap bulannya. 

8. Menonton film Indonesia

Salah satu hal yang sering diperbincangkan ketika bertemu teman dan sanak keluarga ketika kita mudik ke Indonesia adalah film yang sedang hangat di bioskop saat itu. Berhubung film Indonesia budgetnya masih belum se-wah hollywood, maka tentunya akan susah sekali untuk mendapatkan akses bagi kita untuk menonton film Indonesia di negara tempat kita bekerja.
Sebetulnya mungkin masih banyak lagi kegiatan extra yang harus dilakukan ketika sedang bekerja di Luar Negeri yang belum saya bahas disini. Jika kalian ada masukan, bisa ditambahkan di comment section dibawah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *