7 persiapan penting sebelum traveling ke Malaysia

kl-skyline

Packing sebelum liburan terkadang bisa sangat merepotkan dan memakan waktu, dan setelah sampai di negara tujuan, kita baru sadar bahwa ada sesuatu yang tertinggal di rumah. Maka dari itu, hendraptr akan membantu merangkum hal yang penting untuk disiapkan ketika masih berada di Indonesia, jauh sebelum berangkat ke Malaysia. Berikut adalah 7 persiapan yang harus dilakukan sebelum kita berangkat ke Malaysia:

1. Adapter colokan listrik

Colokan listrik di Malaysia

Berhubung standard untuk kelistrikan di Indonesia dan Malaysia berbeda, maka kita harus mempersiapkan adapter dari colokan 2 ke colokan 3. Ini sangat penting apalagi untuk kalian yang tidak bisa hidup tanpa gadget.

2. Peta LRT, Monorail, KTM, ERL, (Segala macam transportasi Umum)

Peta Jalur Kereta (Monorail, LRT, ERL/KLIA Ekspres, dan KTM)

Kalau anda bepergian tidak menggunakan travel agent, maka peta transportasi umum ini wajib ada di handphone anda.

Oh iya, di KL juga tersedia angkutan bis gratis yang beroperasi di daerah – daerah tujuan wisata di Kuala Lumpur. Peta nya dapat didownload disini

3. Download GRAB atau Uber

Untuk memudahkan hidup anda, sebaiknya download aplikasi GRAB atau Uber untuk memesan taksi di Malaysia. Karena tidak sedikit taksi di Kuala Lumpur yang nakalan dan tidak menggunakan argo.

Aplikasi GRAB juga bisa dipergunakan untuk memperhitungkan budget taksi dari dan ke tempat tujuan, jadi anda bisa memperhitungkan biaya transportasi anda, bahkan sebelum pergi ke Kuala Lumpur.

4. Sunblock!

Cuaca rata-rata di Kuala Lumpur boleh dibilang sangat panas, terlebih di waktu siang. Untuk menghindari kulit yang terbakar karena sunburn, ya tidak salahnya mengoleskan sunblock sebelum bepergian di siang hari.

5. Aktifkan “Overseas Withdrawal” pada kartu ATM anda

Pastikan sebelum anda bepergian ke Kuala Lumpur, anda sudah mengaktifkan “Overseas withdrawal” pada ATM anda. Caranya, telpon Customer service yang tertera pada belakang kartu anda, dan minta untuk mengaktifkan fitur tersebut, agar pada saat terdesak, anda bisa tarik tunai di mesin ATM di Kuala Lumpur.

6. Jadwal Sholat

Secara geografis, letak Kuala Lumpur memang jauh lebih ke barat dibandingkan Jakarta, akan tetapi secara Zona Waktu, Kuala Lumpur memiliki zona waktu yang sama dengan WITA (GMT+8). Jadi jangan heran kalau misalnya pukul 7 pagi masih gelap, dan pukul 7 sore masih terang. Dan berhubung jam sunset dan sunrise yang berbeda, maka jadwal sholat agak berbeda dari Indonesia. Jadwal sholat bisa dilihat disini

7. Strictly NO CDMA Handset!

Ya mungkin sebagian besar udah jarang yang memiliki handphone yang berbasis CDMA, akan tetapi, jika masih ada yang menggunakan CDMA, sebelum anda bepergian ke Kuala Lumpur, anda harus mengganti handset anda dengan handset yang berbasis GSM, karena tidak ada operator yang memiliki jaringan berbasis CDMA di Malaysia

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *